Skip to main content

Karyawan atau Pengusaha?

Saya ingat saat masih kecil dulu, waktu ditanya cita-citamu apa nak, jawaban yang keluar kalau tidak jadi insinyur, ya jadi dokter atau pilot. Susah rasanya mendengar jawaban misal jadi karyawan, atau jadi pengusaha.


Tidak tahu kenapa. Padahal kalau dipikir-pikir, cita-cita kok jadi insinyur. Lha kalau setelah jadi insinyur terus mau ngapain? Kan ya harusnya setelah jadi insinyur terus kerja sendiri alias jadi pengusaha atau kerja di tempat orang atau bahasa kerennya jadi karyawan. Tapi kalau istilah srimulat jadi jongos.

Ya, itulah cerita kita masih kecil dulu. Kalau kita sekarang ditanya obsesinya apa. Jawaban yang keluar bisa beragam. Cuma kalau pertanyaan ini diajukan pada orang yang statusnya sebagai karyawan, jawaban yang paling mungkin keluar yakni punya usaha sendiri, atau minimal usaha sampingan.

Jalan hidup sebagai karyawan memang dibilang salah satu jalan aman untuk menyikapi kehidupan sekarang yang serba diukur dengan uang. Dengan menjadi karyawan, paling tidak dalam sebulan pendapatan anda sebulan sudah jelas jumlahnya. Begitu juga pendapatan setahun. Bahkan kalau pegawai negeri, dapat pensiun. Walaupun sebenarnya uang pensiun itu, uang kita juga yang dipotong tiap bulan dari gaji kita dan kemudian diinvestasikan ke hal yang menguntungkan. Jadi sebenarnya karyawan non PNS pun bisa membuat skema dana pensiun sendiri.

Sedangkan kalau jadi pengusaha, pendapatan yang diterima sebenarnya tidak pasti. Pada saat untung, ya Alhamdulillah. Saat rugi ya itulah dukanya jadi pengusaha. Tinggal antisipasinya bagaimana. Bisa saja, keuntungan berjualan selama satu bulan, itu bisa buat membayar sewa kios selama satu tahun. Jadi 11 bulan sisanya bisa berupa keuntungan dan untuk biaya yang lain. Seperti bulan puasa bagi para pedagang di pasar Tanah Abang.

Sedangkan kalau buat pengusaha warteg, selama bulan puasa malah ada yang libur selama satu bulan penuh. Jadi benar-benar hanya beribadah saja. Coba bayangkan, kerja selama satu tahun dan kemudian menikmatinya selama satu bulan. Mana ada karyawan yang bisa libur selama satu bulan?. Libur dua hari saja, terkadang harus mengajukannya jauh-jauh hari sebelumnya.

Faktor yang paling membedakan adalah KEBEBASAN. Bisa berupa kebebasan finansial, waktu, tekanan dari atasan. Coba anda sebagai karyawan, setiap pagi harus berangkat ke kantor, dan melawan macetnya lalu lintas, mendapat tekanan dari atasan, gaji sebulan yang jumlahnya tetap. Syukur-syukur dapat kenaikan, walaupun cuma mengejar kenaikan inflasi. Makanya saya terkadang tidak habis pikir, kalau ada orang yang sudah punya usaha kok masih mempertahankan statusnya sebagai karyawan. Uang punya, kekuasaan punya (walaupun mungkin skalanya kecil), tiap hari dimarah-marahin sama bos.

Kalau dari pengalaman yang sudah menjadi pengusaha, yang paling dibutuhkan karyawan untuk berubah jadi pengusaha adalah KEBERANIAN. Ada semacam mental blocking bagi karyawan yang mau jadi pengusaha. Takut pendapatanya turun drastic, takut rugi, tidak punya modal, dan sebagainya.

Dan untuk menjadi berani? Itulah susahnya kalau berhubungan dengan masalah mental. Tapi ada satu keadaan yang akhirnya bisa merubah seseorang. Yakni kepepet. Orang dalam situasi kepepet, mau tidak mau harus melakukan sesuatu. Kalau sudah berada jurang paling bawah, apa sih yang harus dilakukan? Mau tidak mau harus naik kan?

Apa kita mengharapkan situasi itu? Atau anda punya cara sendiri?

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Parkir di Supermal Karawaci

Jika anda akan parkir, khususnya sepeda motor, di areal Supermal Karawaci saya sarankan untuk lebih teliti. Mengapa? Saya mengalamai hal ini sudah dua kali. Jadi kira-kira begini, pada saat kita mau keluar dari area parkir, kita diharuskan menunjukkan STNK dan menyerahkah karcis parkir kepada petugas. Prosedur standarnya adalah petugas itu akan memasukkan No Pol Kendaraan ke Mesin (semacam cash register), dan disitu akan tertera berapa jumlah yang harus kita bayar. Nah, prosedur inilah yang saya lihat tidak dilaksanakan oleh petugas parkir di Supermal Karawaci . Saat saya menyerahkan karcis parkir, dan dia melihat Jam saya mulai parkir, dia langsung menyebutkan sejumlah tertentu (tanpa memasukkannya ke mesin),yakni Rp. 3.000. Saya curiga, segera saya minta untuk dimasukkan datanya dulu ke mesin. Dan setelah dimasukkan. Apa yang terjadi? Jumlah yang harus saya bayar cuma Rp. 2.500. Dan ini saya alamai DUA KALI!. Dan seorang tetangga pun pernah mengalami hal yang sama. Coba bayangkan ji

Larangan Sepeda Motor Lewat Jalan Protokol; Mempersulit Hidup Orang Pas-Pas an

Kata orang kalau kita berada di tengah, cenderungnya aman. Nggak terlalu ekstrem, entah di ke atas atau ke bawah. Tapi, hal itu tidak berlaku buat orang yang pas-pasan hidup di Jakarta. Orang-orang kelas menengah bawah di Jakarta, tahun-tahun terakhir ini semakin menyadari bahwa naik sepeda motor adalah jawaban yang pas atas kemacetan yang terjadi tak kenal waktu di Jakarta. Nggak perduli orang tinggal di tengah Jakarta atau pinggiran Jakarta, mulai beralih ke sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Ngirit baik waktu maupun biaya. Eh, ternyata kegembiraan ini tidak menyenangkan buat seorang yang Keras Kepala. Dia akan melarang sepeda motor melewati jalan Sudirman dan Thamrin. Dengan alasan membikin macet dan semrawut. Saya nggak tahu, dia itu mbodhoni atau memang benar-benar bodho. Satu sepeda motor dengan satu atau dua orang penumpang, hanya akan memakan jalan sekitar 1.5 meter an. Nah, sekarang bandingkan dengan satu orang yang naik mobil, sudah makan berapa meter tuh???? Jika

Karawaci Loop, Track Gowes Adem di Tangerang

Salah satu tempat recommended buat bersepeda di daerah Tangerang adalah KARAWACI LOOP. Ada yang menyebutnya LIPPO LOOP, karena lokasinya memang di Komplek Perumahan Lippo Karawaci Tangerang. Tapi ada yang menyebutnya LOLLIPOP, bahkan ada Komunitas Goweser di kawasan itu menggunakan istilah ini. Entah kenapa penyebutannya mirip nama permen. Mungkin biar terkesan unik, dan enak diucapkan. KARAWACI LOOP sendiri sebenarnya jalan Komplek Perumahan Lippo Karawaci, jalan menuju kesana dari arah pintu tol menuju Mall Karawaci, sebelum sampai di Mall, ada bundaran di depan Menara Matahari dan Benton Junction. Nah dari bundaran tersebut jika mau ke mall arahnya ke kanan, kalau ke KARAWACI LOOP dari bundaran lurus saja. Bisa dilihat di gambar peta dibawah ini. Kenapa tempat ini recommended untuk goweser?  SATU, karena jalan boulevard komplek, otomatis sepi tidak seramai jalanan umum. Ada dua jalur setiap jalannya. Jadi ada 4 jalur di kedua arahnya. Bahkan sebenarnya ada jalur khusus pesepeda yang