Skip to main content

Masa Depan Suram Sepak Bola Indonesia

Tiada hari tanpa berita buruk tentang sepak bola Indonesia.




Beberapa waktu lalu, ramai dibicarakan mengenai rencana penjualan sejumlah klub-klub peserta Liga Indonesia. Menyusul rencana pelarangan penggunaan APBD untuk klub-klub sepak bola milik Pemda yang berpartisipasi di Liga Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum, klub sepakbola Indonesia mayoritas dikelola secara tidak langsung oleh Pemda. Kenapa saya sebut tidak langsung?

Yang jadi Ketua Umum adalah biasanya Walikota/Bupati/Gubernur. Nah yang jadi manajer, atau pengelola sehari-hari adalah kalau tidak pengusaha lokal, ya anak Walikota/Bupati/Gubernur.

Dari manakah dana pengelolaannya?

Alternatif pertama, dana dari pengusaha/anak pejabat yang mengelola klub tadi. Apa keuntungannya buat dia? Idealnya, ya ada pemasukan dari penjualan karcis, transfer pemain, penjualan merchandise, dll. Tapi kondisi di Indonesia belumlah seideal di kompetisi sepak bola Eropa. Jadi lupakan saja hal itu.

Kompensasinya adalah, pengelola akan dapat proyek-proyek Pemda sebagai pengganti duit yang sudah dikeluarkan tadi. Mark up? Hanya Allah Yang Tahu.

Alternatif kedua, Dari APBD. Ini yang menjadi trend saat ini. Baik itu di tingkat Divisi Utama, maupun Divisi I atau II. Jumlahnya mulai dari "cuma" 2-3 milyar hingga belasan milyar.

Cuma sayangnya duit segitu banyak, dihambur-hamburkan untuk beli pemain impor yang mahal dan kualitasnya dipertanyakan. Dan mereka melupakan yang namanya pembinaan, kompetisi klub yang ada dibawahnya.

Dan mulai kompetisi tahun depan (harusnya tahun ini), pakai duit APBD? No Way!
Akhirnya mereka mencoba menjual klub yang dikelolanya.

Pertanyaannya adalah apanya yang dijual? Nggak ada yang menarik untuk dibeli.

Mereka lupa memproduksi pemain dan mengelola klub dengan baik, yang dikejar cuma gengsi!

Kenapa gengsi?

Sudah jamak, kalau seorang pemimpin daerah berusaha "make over" kinerjanya dengan meningkatkan prestasi sepak bola daerahnya, dengan berbagai macam cara.

Masih ingat kasus, pemain Argentina di PSIS, De Porras yang ikut Kampanye Pilkada ibunda sang manajer tim?

Dan contoh paling pas ini adalah Nurdin Halid. Citranya sebagai mantan tersangka sempat dilupakan publik saat Piala Asia 2007 di Jakarta kemarin. Mulai dari artis hingga presiden berusaha memberikan dukungan terhadap Tim Nasional Indonesia yang tampil impresif.

Padahal dia pernah masuk penjara karena kasus korupsi. Dan entah bagaimana, dia bisa keluar, dan akhirnya bisa menjadi Ketua Umum PSSI kembali. Saat itu orang semua lupa.

Dan perjalannya hampir mulus, hingga sesaat setelah Nurdin akan masuk ke gelanggang DPR. Dia divonis bersalah. Dan harus jadi Narapidana.

Sejak itulah hingga saat ini, semua orang baru ingat kembali (khas Indonesia banget deh..) kasusnya yang dulu. Entah itu pemerhati/fans sepak bola maupun yang bukan fans .

Mulai dari orang biasa hingga petinggi FIFA! Nurdin mundur? Eit ntar dulu. Hingga saat Nurdin Halid telpon yang terputus ke Rita Subowo (Ketua KONI), belum ada tanda-tanda pengunduran diri Nurdin Halid.

Entah sampai kapan dia bertahan.

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Parkir di Supermal Karawaci

Jika anda akan parkir, khususnya sepeda motor, di areal Supermal Karawaci saya sarankan untuk lebih teliti. Mengapa? Saya mengalamai hal ini sudah dua kali. Jadi kira-kira begini, pada saat kita mau keluar dari area parkir, kita diharuskan menunjukkan STNK dan menyerahkah karcis parkir kepada petugas. Prosedur standarnya adalah petugas itu akan memasukkan No Pol Kendaraan ke Mesin (semacam cash register), dan disitu akan tertera berapa jumlah yang harus kita bayar. Nah, prosedur inilah yang saya lihat tidak dilaksanakan oleh petugas parkir di Supermal Karawaci . Saat saya menyerahkan karcis parkir, dan dia melihat Jam saya mulai parkir, dia langsung menyebutkan sejumlah tertentu (tanpa memasukkannya ke mesin),yakni Rp. 3.000. Saya curiga, segera saya minta untuk dimasukkan datanya dulu ke mesin. Dan setelah dimasukkan. Apa yang terjadi? Jumlah yang harus saya bayar cuma Rp. 2.500. Dan ini saya alamai DUA KALI!. Dan seorang tetangga pun pernah mengalami hal yang sama. Coba bayangkan ji

Larangan Sepeda Motor Lewat Jalan Protokol; Mempersulit Hidup Orang Pas-Pas an

Kata orang kalau kita berada di tengah, cenderungnya aman. Nggak terlalu ekstrem, entah di ke atas atau ke bawah. Tapi, hal itu tidak berlaku buat orang yang pas-pasan hidup di Jakarta. Orang-orang kelas menengah bawah di Jakarta, tahun-tahun terakhir ini semakin menyadari bahwa naik sepeda motor adalah jawaban yang pas atas kemacetan yang terjadi tak kenal waktu di Jakarta. Nggak perduli orang tinggal di tengah Jakarta atau pinggiran Jakarta, mulai beralih ke sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Ngirit baik waktu maupun biaya. Eh, ternyata kegembiraan ini tidak menyenangkan buat seorang yang Keras Kepala. Dia akan melarang sepeda motor melewati jalan Sudirman dan Thamrin. Dengan alasan membikin macet dan semrawut. Saya nggak tahu, dia itu mbodhoni atau memang benar-benar bodho. Satu sepeda motor dengan satu atau dua orang penumpang, hanya akan memakan jalan sekitar 1.5 meter an. Nah, sekarang bandingkan dengan satu orang yang naik mobil, sudah makan berapa meter tuh???? Jika

Karawaci Loop, Track Gowes Adem di Tangerang

Salah satu tempat recommended buat bersepeda di daerah Tangerang adalah KARAWACI LOOP. Ada yang menyebutnya LIPPO LOOP, karena lokasinya memang di Komplek Perumahan Lippo Karawaci Tangerang. Tapi ada yang menyebutnya LOLLIPOP, bahkan ada Komunitas Goweser di kawasan itu menggunakan istilah ini. Entah kenapa penyebutannya mirip nama permen. Mungkin biar terkesan unik, dan enak diucapkan. KARAWACI LOOP sendiri sebenarnya jalan Komplek Perumahan Lippo Karawaci, jalan menuju kesana dari arah pintu tol menuju Mall Karawaci, sebelum sampai di Mall, ada bundaran di depan Menara Matahari dan Benton Junction. Nah dari bundaran tersebut jika mau ke mall arahnya ke kanan, kalau ke KARAWACI LOOP dari bundaran lurus saja. Bisa dilihat di gambar peta dibawah ini. Kenapa tempat ini recommended untuk goweser?  SATU, karena jalan boulevard komplek, otomatis sepi tidak seramai jalanan umum. Ada dua jalur setiap jalannya. Jadi ada 4 jalur di kedua arahnya. Bahkan sebenarnya ada jalur khusus pesepeda yang